September 3, 2010

Spiral Misterius

Posted in fenomena Alam tagged at 1:10 pm by clelioch

Heboh! Spiral Misterius Mengeluarkan Cahaya Biru Melayang-layang di Langit

Masyarakat di heboh kan dengan telihatnya Sebuah benda berbentuk mirip spiral mengeluarkan cahaya biru melayang-layang di langit. Ribuan penduduk utara Norwegia menyaksikan peristiwa misterius nan langka itu, sembari saling bertanya ‘benda apakah itu?’.

Seorang sakisi dari Trøndelag kepada Finnmark, mengira-ngira benda menakjubkan yang dilihatnya kemungkinan roket Rusia atau meteor atau sebuah gelombang kejut. Semuanya masih misterius. Ada juga yang berpendapat itu UFO.

Benda misterius itu awalnya muncul dari belakang gunung, seperti lampu biru yang melayang layang tinggi kemudian berhenti lalu mulai berputar putar. Berberapa detik kemudian berbentuk spiral raksasa berwarna biru yang nyaris menutupi seluruh langit. Yang cukup mencolok adalah cahaya yang dikeluarkan berpendar pendar hijau kebiruan yang memancar dari pusat benda, dan itu bertahan selama 10-12 menit, sebelum akhirnya menghilang.

Atas kejadian misterius itu, Institut Meteorologi Norwegia mendapat baniir telepon dari berbagai kalangan mempertanyakan peristiwa itu yang dihubung-hubungkan dengan aurora atau lampu utara. Rusia sendiri sudah menyangkal kalau peristiwa itu terjadi karena mereka melakukan tes persenjataan.

Fred Hansen, dari Bø di Vesterålen, menggambarkan penglihatan seperti itu seperti  bola api besar yang berputar putar kemudian meledak di udara. Totto Eriksen dari Tromsø kepada VG Net mengatakan, dia melihat  benda bercahaya itu sewaktu dia berjalan dengan anak perempuannya, Amalie, untuk berlatih.

“Kami melihatnya dari Pelabuhan Dalam di Tromsø. Betul-betul luar biasa. Hampir nampak seperti roket yang berputar, lalu pergi secara diagonal ke bawah langit,” ujarnya.

Seperti spiral raksasa –  Saya awalnya berpikir  itu adalah proyektor, tambah Axel Rose Berg, dari Alta. Tokoh terkemuka astronom Knut Jørgen Røed Ødegaard memberi tahu VG Nett , dia belum pernah melihat  hal seperti itu. Dia mengatakan: pikiran pertama yang terlintas di benaknya adalah itu  meteor bola api,  namun benda itu agak   terlalu panjang. Lalu saya pikir lagi,  ‘mungkin itu  peluru dari Rusia’. Tapi itu hanya perkiraan saja, jawaban sebenarnya saya tidak tahu.

Pengawas  lalu-lintas udara di Tromsø menegaskan, ‘pertunjukkan’ itu hanya dua menit saja, dan menurutnya itu bukan  gejala astronomis.’ Sementara  peneliti Tromsø Geofisik Observatorium,i Truls Lynne Hansen berpendapat, kemungkinan cahaya itu disebabkan sebuah misil yang kemudian meledak di udara. Spiral, tegasnya, muncul diakibatkan karena terjadinya kebocoran bahan bakar.

Barents Observer mengutip xNP berkata xSdirect Norwegia, menyebutkan juru bicara,  Jon Espen Lien  mengatakan, militer Norwegia tidak tahu dari mana asalnya benda bercahaya itu, tapi bisa jadi adalah misil Rusia. Menurutnya, bisa saja Rusia menggunakan White Sea dan  Barents Sea, sebagai areal untuk uji coba misil.

Namun hal itu dibantah keras oleh pihak Rusia. Menurut Rusia mereka tidak sedang meluncurkan roket apapun di White Sea, mereka juga tidaks edang uji coba persenjataan.Norwegia mengatakan, seharusnya jika ada uji coba persenjataan atau peluncuran misil, harus atas persetujuan internasional, tidak bisa semaunya sendiri. Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari Rusia tentang kejadian itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: