September 6, 2010

Rencana NASA untuk mengunjungi matahari

Posted in bacaan, berita tagged , , , at 6:03 am by clelioch

Kali ini NASA mengadakan rencana yang sangat berani yaitu Ingin membuat sebuah pesawat penyelidik Mataharai. Pesawat ini akan menjadi Pesawat luar angkasa  pertama yang mengunjungi metahari.

Direncanakan pembuatannya selambat-lambatnya telah selesai pada Tahun 2018, Pesawat luar yang berbentuk mobil pintar ini akan melaporkan semua aktifitas-aktifitas yang tejadi di matahari. Dan kunjungan ini bertujuan untuk memecahkan misteri-misteri fisika yang selama ini belum bisa terjawab.

Bulan lalu, NASA telah mengundang peneliti-peneliti dari seluruh dunia untuk mengajukan proposal merinci tentang penyelidikan sains yang akan mereka lakukan, dan ada 13 yang telah diterima dan ada 5 yang di pilih sebagai sensor yang akan di pakai :

  • SWEAP, (Solar Wind Alpha Elektron And Proton)  Kerena Partikel yang paling melimpah di matahari adalah Elektron, proton dan ion helium. SWEAP akan menghitung pertikel-partikel ini dan mengukur sifat mereka, bahkan “menyapu”beberapa dari mereka. Peneyelidik utama adalah Justin C.Kasper dari Smithsonian Astrophysical observatory di Cambredge, Mass
  • WISPR (Wind-field Imager for Solar probe Plus) adalah teleskop yang akan mebuat gambar 3D dari atmosfer matahari alat ini merip scan CAT medis. Teleskop ini adalah pelengkap paling penting dari pesawat luar angkasa ini. Penyelidik utama adalah Russell Howard dari Naval Research Laboratory di Washington, DC.
  • BIDANG, The Investigasi Fields untuk Solar Probe Plus: alat ini akan melakukan pengukuran langsung dari medan listrik dan magnetik, emisi radio, dan gelombang kejut yang tentu saja melalui plasma atmosfer matahari. Para penyelidik utama adalah Stuart Bale dari University of California di Berkeley.
  • ISIS,The EPI-ISIS dan instrumen EPI Hi-Lo akan memantau elektron, proton dan ion yang dipercepat hingga energi tinggi dengan gelombang kejut di atmosfer matahari. Ini adalah partikel yang sama yang menjadi ancaman bagi para astronot di ruang angkasa, satelit menonaktifkan, dan mengionisasi atmosfer atas Bumi.
  • SPOS (Solar Probe Observatory Scientific) Penyelidik utama, Marco Velli, menjadi misi Observatorium Scientist.Dalam tahun-tahun mendatang, ia akan menjadi akrab dengan pesawat ruang angkasa dan konstruksi, membantu untuk memastikan bahwa instrumen yang berdekatan  tidak mengganggu satu sama lain.

Sensor kami ini telah dipilih untuk naik pesawat Luar angkasa ini yang didesain untuk memecahkan beberapa misteri terbesar fisika matahari,” kata Dick Fisher, Kepala Divisi Heliophysics NASA di Washington DC.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: