October 8, 2010

Sejarah DiKetahuinya sel

Posted in bacaan, Ilmu Biologi tagged , , at 6:52 am by clelioch

Sel bawang Sel merupakan unit organisasi terkecil makhluk hidup, berarti di dalam sel terdapat bagian-bagian yang berperan dalam melakukan aktifitas hidup sel. Pengetahuan tetang sel telah dimulai sejak abad ke-17 di mana pada waktu itu Robert Hooke (1635-1703) dari Inggris seorang pedagang kaca berhasil membuat sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengamati benda-benda yang sangat kecil. Alat itu kemudian dikenal dengan nama Mikroskop.

Dengan alat itu Robert Hooke dapat melihat bagian-bagian dari irisan kulit kayu yang mati dan sangat kecil. Hasil itu berupa petak-petak segi empat yang di tengahnya kosong. Benda tersebut disebut sel yang berarti petak atau ruangan kecil.

Pada tahun 1838-1939, dua orang ahli fisiologi Jerman, Theodor Schewann dan Matthias Jacob Scheiden, masing-masing bekerja secara sendiri-sendiri, mengajukan suatu teori sel yang baru dan revosolusioner. Mereka manganggap bahwa makhluk hidup, dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks, hampir sepenuhnya tersusun dari sel dan bahwa sel-sel ini memainkan peranan penting dalam semua kegiatan hidup.

Kemudian, diketahui tidak hanya tubuh hewan dan tumbuh-tumbuhan yang lebih tinggi yang terdiri dari banyak sel, tetapi juga  bahwa tiap-tiap makhluk hidup berasal dari perkembangan satu sel tunggal. (Sumber jp BOOks Biologi kelas XI )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: